Teknologi menjadi salah satu hal yang tak terlepas dari kehidupan manusia. Seperti yang telah diketahui banyak orang bahwa zaman sekarng sudah menggunakan teknologi yang lebih canggih mulai dari bidang industri, perdagangan dan semua aspek dalam kehidupan pasti tidak terlepas dari peran teknologi. Saat ini dunia telah memasuki era industri 4.0 atau industri dunia keempat dimana teknologi menjadikan segala hal menjadi tanpa batas dan tidak terbatas. Banyak perusahaan memanfaatkan teknologi yang memiliki kecepatan, akurasi dan keandalan yang tinggi serta mudah dalam pegoprasiannya sebagai alat untuk menjunjung produktifitas mereka.
Kebutuhan masyarakat terhadap teknologi
tidak bisa dihindari, salah satunya
adalah kebutuhan akan teknologi robotika. Secara umum perkembangan teknologi dunia robotika saat ini sudah berkembang
pesat, di berbagai belahan dunia robot sudah digunakan dalam berbagaimacam
aktivitas sehari-hari,mulai dari hal
yang sangat sederhana
sampai pekerjaan yang rumit.
Berbagai penelitian dan perlombaan robot diadakan untuk mengikuti perkembangan
teknologi di era industri 4.0. Tidak hanya Untuk memngikuti perkembangan
teknologi di era industri 4.0 akan tetapi juga untuk mengembangkan potensiketrampilan Imajinasi dalam mendesain
sebuah robot, karena dalam merancang robot diperlukan kreativitas.
Cepatnya
perkembangan teknologi di era industri 4.0 saat ini, sejatinya perlu diimbangi
dengan peningkatan kualitas SDM yang kelak akan bersaing dengan teknologi
robotik. Karena itu sangat penting untuk memperkenalkan dan mempelajari setiap hal-hal baru yang berkaitan dengan perkembangan
era industri 4.0, khususnya teknologi robotika pada masyarakat sejak dini atau dimulai
dari bangku sekolah.
Madrasah
merupakan suatu lembaga yang bertujuan untuk mengaplikasikan akhlak-akhlak yang
islami kepada siswa-siswanya. Terbukti dari berbagai aktifitas rutin yang
dilaksanakan setiap hari dan didukung dengan kurikulum yang berdasarkan pokok
ajaran Islam. Beberapa orang menganggap pedidikan madrasah ketinggalan zaman,
hal ini dikarenakan terlalu fokus terhadap pendidikan akhlaknya. Untuk itu
harus ada gagasan dan penerapan dalam memperkenalkan
teknologi di kalangan Madrasah.
SMP Wahid Hasyim adalah salah satu sekolah atau madrasah yang berlokasi
di pusat kota yang dikenal sebagai kota pendidikan, yaitu di Kelurahan Dinoyo, Kecamatan
Lowokwaru, Kota Malang. SMP Wahid
Hasyim merupakan suatu lembaga yang menerapkan metode pembelajaran Madrasah
Ma’arif Nahdlatul Ulama’ (NU) dengan cara mengaplikasikan pengembangan
intelektual islam kepada siswanya. Pada proses belajar mengajarnya, pihak sekolah SMP
Wahid Hasyim kurangbisa mengimbangi
perkembangan ilmu teknologi informasi yang sekarang sudah memasuki era
industri 4.0. Perkembangan zaman mengharuskan pelajar dan Masyarakat untuk
meningkatkan inovasi,kemampuan dan keterampilannya
dalam bidang teknologi, sehingga SMP Wahid Hasyim harus mulai mengejar ketertinggalannya dalam
bidang teknologi informasi.
Secara umum Sumber Daya Manusia di SMP Wahid Hasyim sangat berpotensi dan tidak kalah dengan siswa sekolah lain dalam hal kreativitasnya, akan tetapi SMP Wahid Hasyim Malang belum bisa memanfaatkan potensi Sumber Daya Manusia dengan optimal dikarenakan dalam metode pembelajaran ilmu teknologi yang berkaitan dengan Robotik masih belum ada. Salah satu penyebab dari masalah ini adalah saat ini SMP Wahid Hasyim belum memiliki tenaga pengajar yang memiliki kompetensi dibidang teknologi informasi khususnya robotika. Kepala sekolah SMP Wahid Hasyim sendiri sangat terbuka jika dari pihak Perguruan Tinggi dapat memberikan pengenalan dan pengetahuan tentang teknologi robotika pada siswa dan pengajar di SMP tersebut.